23 Februari 2010

Bagaimana Cara Menghemat BBM


Punya sepeda motor standar namun konsumsi bahan bakarnya menjadi boros tentu menjadi tanda tanya pemakainya. Apa penyebabnya?

setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab boros tidaknya konsumsi bensin, seperti:

A. Situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.

B. Kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau cenderung rusak.

C. Cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktor lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehingga settingan mesin telah mengalami perubahan.

D. Yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin tinggi.

E. Kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin, penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan.

Berikut ini kiat kiat untuk menghemat BBM

BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA

Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah, jelas Freddy.

Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.

JANGAN ENGINE BRAKE

Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar,terang Anggono yang bakal melepas lajang Minggu ini.

HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGAS

Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.

HARAM GEBER DI LAMPU MERAHKebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. “Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros

JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESIN

Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.

SERVICE LAH MOTOR ANDA SECARA BERKALA

Yang satu ini juga ga kalah pentingnya. Selalu service mesin motor anda secara berkala, ikuti anjuran penggantian oli sesuai pabrikan motor anda. Biasanya sekitar 3000 - 5000km atau tiap 3-4bulan sekali. walaupun jarak tempu anda tidak sampai kilometer tersebut, tetapi pakar - pakar motor tetap menganjurkan penggantian oli.

Jangan tunggu sampai warna oli mesin anda menghitam, lakukan secara berkala. Dan service berkala tersebut dapat mempertahankan performa mesin motor Anda.

sumber dari sini

23 komentar:

  1. Terimakasih banyak ni tips,triknya.

    BalasHapus
  2. thanks ya tips nya mas.. :D

    BalasHapus
  3. kalau gas polll rem polll kira-kira nambah boros nemen ya pak.. heheh..
    makin sip aja pak tips nya.. tips2 ini sangat dibutuhkan buat banyak orang lo pak..
    lanjutkan..!!

    BalasHapus
  4. Bagus,tips yg mantap,Mas.
    Semoga berguna bagi para pengendara sepeda motor.

    Selamat ya,sudah bisa bw lagi.
    Salam hangat kembali dari Flores.

    BalasHapus
  5. nggeber di lampu setopan, weh iya ya boros
    makasih infonya

    BalasHapus
  6. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas <-- maksudnya pindah gas apa ya pak?

    BalasHapus
  7. Hallo Sugeng apa khabar ? sekali-kali saya bisa naik motor tapi jujur hanya tinggal pakai tok, Tips yg bagus biar irit bensin dan hemat spare part. Terima kasih sharingnya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

    BalasHapus
  8. hrs benar2 diperhatikan, trus kalo dg matik bgm? apa tip diatas jg bisa dipresentasikan kebetulan motor saya dua-duanya matik

    salam

    BalasHapus
  9. Tips untuk mobil ada tak?
    Tapi sebagian diatas bisa diterapin buat mobil juga sih...

    BalasHapus
  10. iya..mas
    di perempatan yang ada lampu merah
    kita juga disarankan mematikan mesin dan menghidupkan mesin ketika timer mendekati angka 20 detik menjelang lampu hijau..
    ternyata cukup memberikan efek pada pemakaian bahan bakar

    BalasHapus
  11. wah.. kadang sy manasin mesin kelamaan.. pantes aja bentin cpt habis.. kadang juga ngerem sambil ngegas..wah..wah..

    thanks gan infonnya.. salam hangat..

    BalasHapus
  12. Infonya kerens
    ga nyadar selama ini q dah buang BBM..

    Matur Nuwun. Salam kenal..

    BalasHapus
  13. infox kerens
    baru nyadar kalo tiap hari buang BBM
    lam kenal...

    BalasHapus
  14. Hehehe... bisa dikatakan sejak menikah dan punya satu putri, saya jarang melakukan hal" yang menyebabkan boros BBM. Selalu santai dijalan raya. :p

    BalasHapus
  15. ya motornya taruh rumah aja biar irit bbm

    BalasHapus
  16. salam kenal, wah mas tapi sekarang ada alat penghemat bensin, tapi cara ini juga berguna bagi yang uang bensinnya kurang

    BalasHapus
  17. g bisa naek motor.. *blushing* :p

    BalasHapus
  18. kalo disini bensin 10.000 perak. waktu lampu merah saking ngiritnya. motor2pada matiin mesin

    BalasHapus
  19. Wah info baru nih,,, baru tahu... makasih gan!

    BalasHapus
  20. Hehe..Lg ga pke kendaraan dlu nie, tp wajib d baca postingan ini untuk jaga2, thanks tipsnya

    BalasHapus
  21. Wah wah betul semua ... kiat hemat BBM yg benerrrrr ... makasih mas Sugeng ... :D

    BalasHapus
  22. Komentar Anda akan terlihat setelah disetujui. ... Mas Sugeng ... cepetan di acc dong!

    BalasHapus
  23. klo jaln turunan panjang trus pake rem yang lama bisa bisa kampas remnya gosong pak, drum kampasnya juga bisa berubah warna jadi kuning.
    jadi brake engine baik dipakai disaat saat tertentu aja

    BalasHapus