15 Februari 2010

Tekhnik Pengereman Motor

Rem merupakan komponen motor yang sangat penting. Dalam melakukan pengereman, ada teknik-teknik khusus yang harus dilakukan agar pengereman dapat dilakukan dengan baik. Berikut ini beberapa tekniknya.

1. Penggunaan rem depan adalah terpenting di antara dua rem yang ada. Rata-rata suatu sepeda motor mempercayakan rem depan untuk daya hentinya sebanyak 70-80 persen. Jangan hanya mengerem dengan rem belakang saja. Mengerem roda depan dengan yakin, bertahap dan kuat.


2. Gunakan kedua rem, jangan hanya satu saja, karena hasilnya tidak akan maksimal. Pertama rem belakang dulu, setelah beberapa saat imbangi dengan rem depan. Walaupun rem depan lebih ampuh untuk melakukan pengereman. Tapi hal ini dapat mengurangi resiko motor nyusruk karena ban depan mengunci.

3. Kembangkan rasa / feeling dari cara kerja atau bagaimana proses rem Anda bekerja. Dengan demikian Anda dapat menggunakan kekuatan yang sesuai untuk situasi yang diperlukan.

4. Lakukan pengereman dengan yakin, bertahap, kuat, keras dan lakukan saat motor dalam kondisi tegak dan meluncur lurus.

5. Jangan pernah melakukan pengereman sampai mengunci roda alias mentok. Bila ini terjadi dapat menyebabkan selip sehingga Anda bisa terpelanting ke aspal.

6. Jangan langsung menarik tuas rem dengan keras karena bisa mengunci roda depan. Sebaiknya tarik tuas rem perlahan-lahan terlebih dulu baru diperkeras sedikit-sedikit. Gunanya agar bagian depan sepeda motor menekan suspensi depan dan berat sepeda motor berpindah ke depan untuk menambah grip pada ban. Setelah berat motor terasa pindah ke depan baru kita bisa menarik tuas rem depan lebih keras dengan kemungkinan kecil roda bisa terkunci (biasanya motor bakalan nungging). Catatan: Saat motor nungging jangan kakuin lengan dan menahan berat badan pada setang. Lebih baik jepit motor dengan kaki keras-keras dan jaga agar lengan tetap rileks.

7. Jangan melakukan pengereman saat berbelok. Pengereman harus dilakukan sebelum belok. Jadi ngerem dulu baru belok. Apalagi ngerem setelah nabrak pohon sangat tidak dianjurkan

8. Usahakan ketika mengerem roda anda tidak terkunci dan slip, tapi jika itu terjadi ada sedikit tips yg dapat Anda lakukan :
* Roda belakang meluncur/slip: biarkan roda belakang yang terkunci sampai betul-betul berhenti sepenuhnya, tetapkan mata anda dipusatkan/fokus lurus ke depan dan bukan meiihat/fokus ke tanah/jalan.
* Roda depan meluncur/slip: lepaskan rem depan dan kemudian lakukan segera pengeraman depan ulang dengan cara menarik tuas rem depan dengan teknik meremas. Bukan meremas dada lho, camkan itu

Sebagai tambahan rem depan berguna untuk menghentikan laju kendaraan sedang rem belakang berguna untuk menyeimbangkan kondisi kendaraan.

Terus apalagi ya……… sekian dulu aja jangan banyak2 entar malah remnya ngeblong :D

PS: maaf gambar rem nya masih manual

17 komentar:

  1. masih trauma nih naik motor.. malam bang... kunjungan balik sekalian follow nih :)

    BalasHapus
  2. wah.. saya paling seneng ngerem pakek yang depan pak.. kadang malah lupa sama rem belakang.. hehehe...
    btw, kalau ngerem setelah nabrak pohon asik juga tuh.. wekekekek..

    BalasHapus
  3. @anyin : kunjungan balek ?!? naik apa kesini, motor ??
    @arsumba : yups.... aku juga favorit dengan rem depan malah ongkosnya lebih murah pake rem depan dari pada rem belakang

    BalasHapus
  4. saya pernah mengalami hampir celaka karena belum terbiasa mengendarai motor matic, saat itu saya langsung menarik rem depan... wah perasaan kaki telah menginjak rem belakang
    lucu ya
    info yang bermanfaat

    BalasHapus
  5. makasih infonya jadi tahu harus ngerem seperti apa nuy depan atau belakang kah


    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihhh :D

    BalasHapus
  6. hahaha, kalau baca jadi inget prinsip ngerem sepeda pake sandal jepit...

    BalasHapus
  7. mas, klo sya suka ng-rem sambil nurunin gigi,, app itu gppa..???

    BalasHapus
  8. thanks infonnya.. btw gw masih trauma krn hampir celaka.. hehe.. :mrgreen:


    salam kenal, salam hangat dan sukses..

    MERDEKA!!! ;)

    BalasHapus
  9. @budies: yang paling sering dilakukan pada pemakai metic baru adalah kaki kiri pengen nginjak pedal gigi :D
    @darahbiroe: makasih telah mampir, ditunggu kunjungan ku disana
    @sauskecap: itu termasuk rem tambahan dan sangat anti slip :)
    @u-mar: itu dinamakan engine brake. gak papa sih aku juga sering pake kalo pas sikon nya gag mungkin kalo pake rem depan dan belakang
    @zakariah: salam klenal kembali dan, Indonesia Sudah MeRdEkA !!!

    BalasHapus
  10. bener bos, sy jg keseringan pake rem dpn, hampir 70%. mungkin ya hati2 aja, apalagi karakter jln basah atau berpasir...
    roti borokokok? bandrek we atuh yu, hehehee..

    BalasHapus
  11. waaa...Oyen kagak mudeng otomotif...

    BalasHapus
  12. Mantap tipsnya. Terus berbagi tips berkendara yang aman.

    BalasHapus
  13. @cantiqi: makasih bang tlah mampir, remdepan memamng lebih pakem menghentikan laju kendaraan :lol:
    @oyen: sama pak aku cuman tahu sebatas yang kelihatan aja :D
    @codet: OKB (Okelah Kalo Begitu

    BalasHapus
  14. Wah, saya kaget, ternyata Pak Sugeng juga punya blog di blogger.com ya. Selamat dah Pak :)

    Tapi usul, sistem komentarnya blogger.com tidak begitu mengenakkan. Coba pakai DISQUS sebagai pengganti sistem default, contohnya ada di blog lama saya. Nanti jadinya lebih rapi. (Ha ha, asal usul)

    BalasHapus
  15. tapi biasanya aku rem sambil belok, tapi gak direm terus. :D

    BalasHapus
  16. Selamat malam,Mas.
    Maaf,baru berkunjung,maklum jalan kaki dan banyak kendala,hehehe
    Info mantap,Mas.

    BalasHapus