10 Februari 2010

Tips Merawat Rantai Motor

Setiap pemilik sepeda motor pasti tahu manfaat dan fungsi dari rantai motor. Namun, bagaimana memperlakukan perangkat yang satu in dengan benar bisa jadi hanya sedikit orang yang tahu.

Melumasi motor secara berkala dengan pelumas khusus atau chain lube memang perlu dilakukan agar rantai tetap bekerja dengan baik. namun hal lain yang tidak boleh dilupakan agar performa rantai tetap maksimal adalah:

1. Menjaga agar rantai tetap terlindung dari segala macam kotoran dan air. Meski beberapa jenis sepeda motor sudah dilengkapi dengan pelindung. Namun kerap ditemui perangkat ini dilepas oleh pemilik dengan alasan agar lebih bergaya. Bagi Anda yang motornya tidak dilengkapi dengan pelindung, ada baiknya untuk mengecek kebersihan rantai sesering mungkin.


2. Memastikan agar rantai memiliki ketegangan yang cukup, tidak terlalu tegang dan tidak terlalu kendur. Rantai yang disetel terlampau kencang akan memberi beban yang berlebih. Sebaliknya rantai yang disetel terlampau kendur dikhawatirkan akan membuatnya terlepas dari gir dan akan memberikan sentakan yang berlebih saat motor pertama kali dijalankan.


3. Saat melumasi rantai gunakan sikat yang lembut agar kotoran yang menempel bisa terlepas. Gunakan pelumas khusus untuk jenis motor, apakah itu jenis rantai biasa atau O ring, lakukan langkah ini secaar rutin paling tidak sebulan sekali.


4. Memastikan agar gir depan dan gir belakang tetap sejajar dengan rantai agar rantai tidak cepat aus. Hal lain yang dapat membuat rantai cepat mengalami keausan adalah gir yang sudah bengkok atau mengalami keausan. Kalau sudah mengalami hal ini gantilah gir dengan baik. Anda pasti tidak mau kalau rantai tiba-tiba putus di jalan bukan?


5. Meski semua sepeda motor sudah dilengkapi dengan selang untuk mencegah cairan elektrolit tumpah. Namun tak ada salahnya untuk memastikan lagi cairan tersebut dapat membuat rantai menjadi cepat putus.

Semoga langkah-langkah kecil diatas bisa membantu Anda. Selamat mencoba!

8 komentar:

  1. sederhana mas ya, tapi sering mengabaikan...semoga ini jadi pengingat
    terima kasih

    BalasHapus
  2. kalau saya jarang melumasi rantai pake oli, apalagi oli yang di khususkan untuk rantai.. (memang ga pernah beli sih :) )menggunakan GEMUK,pelumas lainnya, membuat rantai cepat kotor banyak debu yang menempel.. daripada pusing saya menggunakan metode sederhana, yaitu cuma melumasi rantai dengan minyak goreng dicampur minyak tanah, alasannya agar rantai selalu terlihat bersih.. :). pertanyaannya.. bagus gag sih jika menggunakan metode seperti ini?

    BalasHapus
  3. @pak Budies : makasih pak telah berkunjung :D
    @Blogger Culun : sebetulnya ngasih oli (yang bersih) tujuan nya agar antar tulang rantai bisa lemas serta tidak ada karat serta kotoran yang menempel. kalau ngasih minyak goreng dicampur minyak tanah juga gag masalah namun cepat ilang karena terlalu encer. Jadi rajin2 ngelumasin nya.

    BalasHapus
  4. thanks gan infonnya.. rantai saya sering hampir karatan krn gak pernah diolesi oli.. udh gitu kenceng bgt lg stelan rantainya.. hehe.. tapi dah dibaikin cuy.. :D

    BalasHapus
  5. kenapa sih banyak yg mengatakan pake oli bekas malah gak baik buat rantai, padahal kan fungsinya sama, yaitu melumasi rantai agar tidak kering kayak di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oli bekas, mengandung sisa2/serpihan2 besi bekas pembakaran di mesin gan, lama2 bisa menggerus rantai (bercampur dengan kotoran2/debu & kerikil) ... bikin rantai ngga awet, ... kalaw mau oli baru ataw chainlube (cuma harus sering2 disemprot, soale kena hujan cepat hilang>>kecuali chainlube yang mahal yah, he..he) ...CMIIW

      Hapus
  6. hari ini rantai motor saya putus di jalan raya, untung saya cepet sadar ada yg salah dg sepeda motor saya krn berisik di bagian bawah .. sy lsg berhenti minggir dan saya cek .. wakwaw .. rantai sudah klewer2 .. untung dekat bengkel .. tks tipsnya ..

    BalasHapus
  7. Thanks gan infonya....
    Saya mau tanya,di atas sudah ada yang komentar mengenai pelumas dari minyak goreng yang di campur dgn minyak tanah...
    Pertanyaan saya,bagaimana kalau hanya menggunakan minyak goreng saja tanpa di campur dgn minyak tanah? Apakah sama fungsinya?

    BalasHapus