17 Mei 2009

WASPADAI JIKA MOTOR 4-TAK MULAI NGEBUL

Kalau motor kit berbasis mesin 2-tak, pasti biasa dengan asap yang mengepul keluar dari knalpot. Tapi kalau yang kita pakai itu Honda Supra atau Tiger, Shogun 125 dan lain-lain yang menggunakan mesin 4-tak???

Jangan buru-buru bingung jika motor 4-tak mu ngebul alias berasap. Walaupun memang tetap saja ada ketidakberesan terjadi pada mesin motor mu. Petama lihat dulu warna asapnya. Kalau asap berwarna kehitaman atau abu-abu pekat, ini dapat kemungkinan karena campuran bensin di karburator yang terlalu kaya(bensin banyak udara sedikit). Hal ini bukan berarti ada kerusakan, cukup atur setting sekrup angin karburator. Namun jangan dibiarkan, bisa-bisa merembet. Paling efek yang kita rasakan adalah boros bensin atau busi cepat lemah.

Tapi bagaimana kalau ngebulnya putih kaya motor 2-tak ?? Pada motor 2-tak, oli samping sekaligus berfungsi sebagai pelumas sekher. Jadi ikut terbakar bensin di ruang bakar. Sehingga asap berwarna putih dengan ikut terbakarnya oli samping tadi. Untuk motor mesin 4-tak, kalo begini kejadiannya baru kita boleh panik.. :-( Ini berarti ada oli mesin masuk ke ruang pengapian / ruang bakar. Akibatnya, oli itu ikut terbakar.

Kok bisa oli masuk kesitu? Lha ini yang akan kita bahas. Ada beberapa kemungkinan, bisa dikarenakan seal klep rusak akibat kurangnya suplai oli ke kepala silinder. Hal ini menyebabkan komponen aus akibat bergesekan dengan klep secara terus-menerus tanpa dibarengi cukup pelumas. Penggantian seal klep cukup untuk mengatasi problem ini.

Kemungkinan kedua, ring sekher sudah aus. Ring sekhernya minta diganti karena sudah tak sanggup menahan oli dari kruk as. Segera ganti ring sekher untuk mencegah kerusakan yang lebih dahsyat. Tapi kalau kerusakan sudah parah dan menular kemana-mana, apa boleh buat. Kitaharus bayar lebih buat ganti piston dengan ukuran lebih besar (oversize).

Yang wajib kita ingat pada mekanisme motor bermesin 4-tak, peran oli mesin sangat sangat penting.. Kepekatan/kekentalan oli makin lama makin encer hingga daya pelumasnya pun makin kurang. Jadi… jangan sampai telat ganti oli mesin........

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Sug'h service.

15 komentar:

  1. wah, postingnya berguna banget utk pemilik motor yg males seperti aku.

    BalasHapus
  2. Makasih telah berkunjung Bang, smoga bisa menambah erat tali silaturahmi rekan blogger Bali.

    BalasHapus
  3. nah, kalo seumpamanya tu knalpot sengaja diisi oli, trus ngebul, tandanya apa hayooo...
    -Tiger saya sebulan kmaren diisengin temen, knalpotne dituangin oli. :p

    BalasHapus
  4. klo tiger lama sih gak masalah paling cuma ngasep (biasanya si penuang maunya biar knalpotnya gak gampang karatan)tapi klo tiger baru jangan sekali2 diberi oli karena akan merusak kalatisator yang ada didalamnya. Gunanya katalisator itu akan menyaring radikal yang akan dilepas di udara agar bisa sesuai dengan standart UERO 2000.

    BalasHapus
  5. Berguna sekali tips2nya bro...
    Saya termasuk orang yang malas ngurus motor.
    Bakalan sering2 main kesini nih, untuk tips2 kendaraan bermotor.
    Keep posting...
    BTW, nyambung komentarnya di blog saya, ttg tempat nongkrong.
    Saya bikin blog yg bertopik khusus memang untuk satu topik. Kalo untuk blog pribadi saya bikin terpisah, jadi isinya banyakan tentang personal dan campur aduk...

    Happy Blogging

    BalasHapus
  6. waahh.. keren neh blognya..
    info yang menarik mas..
    lanjut keep post.

    ehh.. gimana kl bikin post tempat nongkrong sepeda motor. (bengkel ato tempat geng motor memajang motornya.)
    he.he.

    BalasHapus
  7. @didi> makasih telah mampir para pentolan BBC di blog yang acak-acakan. Kadang sich kepingin juga untuk buat blog yang khusus tapi merawat satu aja susah apalagi dua ?!?.
    @Yanuar> Ide yang bagus mas, tunggu aja kelanjutannya, tapi gak janji hehehehe......

    BalasHapus
  8. wah.. info yg sangat membantu mas, apalgi tuk saya yg jarang bgt ganti olie.. he.he..

    salam kenal mas Sugeng..

    BalasHapus
  9. panduannya menarik banget nih untuk mengingatkan saya yang sering lupa melakukan perawatan terhadap motor

    BalasHapus
  10. mas kalo klep rembes bisa ngebul juga kan mass??? tapi baunya gak se_bau oli yang kebakar sama sekher......

    BalasHapus
  11. @nanda > Klo klep rembes bukan ngebul tapi malah gak mau hidup karena kompresi bocor.

    BalasHapus
  12. Nanggung banget informasinya,,
    Mohon lebih detail lagi mas,,,

    BalasHapus
  13. thankx bgt nie info nya bro

    BalasHapus
  14. thx bro, infonya sangat beguna buat motor saya yg sedang batuk2,...

    BalasHapus
  15. makasih buat ulasanya sangat bermanpaat?kebetulan ane juga punya masalah sama kuda besi yg satu ini .tiap pagi di angetin pasti keluar asep putih kalu kerusakan macam ini apa yg musti di ganti kuda ane vegar 2007 trims di tunggu jawabanya di saepudinfikri@gmail.com

    BalasHapus