04 Mei 2009

Seputar Minyak Rem

Tadi pagi sewaktu aku disibukan dengan pekerjaan rutin sehari-hari, ada pelanggan yang menanyakan seputar minyak rem pada rem hidrolik (cakram). Untuk lengkapnya seperti ini............

Pelanggan : "Pak tolong minyak rem nya di tambah".

Service : "Minyak rem tidak usah di tambah, asal selangnya tidak bocor minyaknya tidak usah ditambah".


Pelanggan : "Lho minyak rem nya kan habis".

Sug'h Service : "Ini yang habis pad set nya (sebutan untuk kampas rem type cakram) bukan minyak rem nya. Kalau sekarang (sewaktu kondisi pad set tipis) minyak rem ditambah terus pad set diganti (karena kondidi tipis), ini akan menyebabkan minyak rem tumpah (bocor) . Karena kondisi penuh terus handle rem ditekan, ini akan menyebabkan minyak rem nya merembes keluar terkena tekanan dari handle rem".
Pelanggan : "Kalau tumpah kenapa pak pengaruhnya ?".

Sug'h Service : "Minyak rem yang mengenai cat akan menyebabkan cat nya mengelupas, kalau kena barang dari plastik menyebabkan plastiknya pecah2 (getas) apalagi kena cover2nya dijamin sehari aja pasti pecah".

Pelanggan : "Oh..gitu, terus gimana enaknya dong ?".

Sug'h Service : "Kalau minyak rem di lihat dari kaca di master nya sudah turun atau nyaris habis, jangan lngsung di tambah. Cek dulu kondisi pad set nya. Sudah tipis atau masih tebal (layak pake). Kalau langsung ke bengkel menyuruh mekaniknya nambah minyak rem nya tanpa mengecek pad set nya akan menimbulkan masalah di kemudian hari sewaktu menganti pad set nya".

Ya seperti itu penggalan omongan ku dengan pelanggan setia di bengkel tempat aku kerja. meskipun banyak pelanggan yang rutin men service kan sepeda motornya di tempat kami tetapi masih banyak yang awam tentang seputar informasi dari sepeda motornya.


Dari penggalan tanya jawab ku dengan pelanggan setia tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa "Minyak rem seharusnya tidak perlu di tambah kecuali bila ada kebocoran di saluran selang hydroliknya." Mungkin yang lebih tepat minyak rem perlu di ganti bilamana minyak tersebut sudah tidak jernih lagi (keruh) sehingga proses menarik handle rem terasa berat.

Demikian sedikit info dari aku, semoga membantu.

Sug'h Service.

13 komentar:

  1. Baru tau saya kalo minyak rem itu utuh selamanya asal g bocor. Makasih infonya kang.

    He..he..sesama orang panuan dilarang saling mendahului.

    BalasHapus
  2. @seno> Trim's telah mau mampir di blog yang asal ini. Ya begitulah pak klo minyak rem ditambah pasti sewaktu menganti pad set baru pasti akan tumpah. Biasanya sih saa mekaniknya di buang, mubazir kan.

    BalasHapus
  3. Minyak remnya diganti minyak goreng aja....

    BalasHapus
  4. Makasih infonya ya mas..
    jadi tahu tentang minyak rem deh

    BalasHapus
  5. @Pandu> bisa koq tapi hanya pada kasus yang sangat urgent dan hanya sampe di bengkel terdekat. Karena titik didih minyak goreng lebih rendah dari minyak rem (di formulasikan titik didih nya lebih tinggi yang dikarenakan tekanan).
    @Itik Bali> makasih kembali, trim's telah mampir disini.

    BalasHapus
  6. ndak jelas benar. aq cuma mau ngerjain tugas. bukan dengerin cerita.

    BalasHapus
  7. Untuk pembuat Blog. Nice info... sebeneranya saya jg udah kepikiran dari dulu, karena sistem hidrolik kok bisa2 nya minyak rem habis... kalo ada yang bocor mah gawat itu namanya... ternyata harus di cek jg pad rem nya... thx.

    BalasHapus
  8. nice info.. bro

    BalasHapus
  9. kalo minyak rem merembes setelah gi tambah minyak remnya gimana bos,,,baha nggk untuk pengeriman??

    BalasHapus
  10. numpang nanya bos,,,kalo minyak rem motor merembes sehabis di tambah minyaknya bahaya nggak ya buat di kendarain??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo merembes dan terkena plastik cover nya akan berakibat fatal. Cat nya terkelupas serta plastiknya jadi pecah. Lain lagi kalo merembesnya karena bocor, rem bisa jadi blong. maka dari itu, waspadalah !!

      Hapus
  11. bner mas hari ini motor mx ku seal master nya bocor kata teknisi langgananku sampe ancur warna motornya sampe kelupas2 gitu, hadeuh amsiong dah. btw kalo bocor gitu harus ditambah lagi yah mas minyak remnya soalnya lupa bilang tambahin ke teknisinya,kalo mx yang lama kan minyak remnya didalamnya yah tidak ada kacanya jadi musti buka covernya? ada saran mas untuk perbaiki cat motor yang terkena minyak rem? thanks. infonya bermanfaat mas untuk orang awam sperti saya.

    BalasHapus
  12. Kalo sudah rusak catnya ya harus di cat ulang. Tapi biasanya plastiknya juga sudah rusak. Lebih aman ya sekalian ganti plastik covernya tapi biasa lebih besar. Masalah minyak rem yang kurang, ta mesti di tambah lagi karena kalau tidak di tambah rem bisa blong (karena anginan)

    BalasHapus