18 Februari 2009

PENGARUH KNALPOT DI BEDEL DENGAN KERUSAKAN MESIN

Banyak yang bertanya (terutama yang knalpotnya di bedel dong) apa memang ada pengaruhnya knalpot ynag dibedel (dibuat suaranya ngebrong) dengan kerusakan mesin (ngelitik, suaranya seperti mesin diesel) ??

Mamang secara teori knalpot itu hanya berfungsi sebagai saluran buang pada suatu mesin. Lha...! terus apa hubungannya dengan kerusakan mesin ??. Ini yang akan saya utarakan dalam postingan kali ini

Knalpot dalam suatu mesin (engine kendaraan roda dua) berfungsi sebagai saluran gas buang, juga sebagai peredam suara pada proses pembakaran mesin. Dalam kerja suatu engine terjadi bebrapa langkah kerja. Kalau dimesin 4tak (4stroke)ada 4 langkah kerja. Pertama Langkah Hisap, kedua Langkah Kompresi, ketiga Langkah Usaha dan terakhir Langkah Buang. Pada saat Langkah Kompresi serta Usaha engine akan mngeluarkan suara yang keras (meledak) makanya di beri knalpot yang berfungsi sebanagi peredam dari ledakan tersebut.

Sedangkan pada mesin (engine) 2tak (2stroke) terdapat 2 langkah kerja. Pertama Langkah Hisap (terjadi di bawah piston)serta Kompresi (terjadi di atas piston). Sedang yang kedua Langkah Usaha dan Buang (terjadi di atas piston) serta langkah Bilas (terjadi di bawah piston). Sama halnya dengan mesin 4tak, pada saat langkah Kompresi engine akan mengeluarkan suara yang keras yang diakibatkan oleh bahan bakar (bensin) yang di mampatkan.

Coba bayangkan apabila engine tidak diberi peredam (knalpot) ?!?. Tentunya akan menimbulkan suara yang memekak kan telinga dan yang pasti tidak enak di dengar karena berisik.

Pada mesin kendaraan roda dua suara knalpot juga bisa menandakan (indikator) dari unjuk kerja mesin. Biasanya kalau mesin sudah dalam performa maksimal dan tidak nisa ditingkatkan lagi kinerjanya suara yang keluar dari knalpot akan terasa lain. Ya ini menandakan kepada si pengendara untuk tidak mengeber lagi gasnya karena mesin sudah maksimal dan kepada penghendara agar menurunkan RPM dari engine tersebut. Lain halnya dengan kendaraan roda dua yang knalpotnya di bedel. Semakin habis gas di geber (RPM semakin tinggi) semakin enak dan bernafsu bagi si pengendara untuk lebih mengeber gas nya lagi.

Hal ini lah yang saya maksud. Pengaruh Knalpot Dibedel Dengan kerusakan Mesin. Kalau knalpot biasa (tidak dibedel) begitu RPM sudah maksimal suaranya kan lain dan inilah yang menandakan kepada si pengendara untuk menurunkan RPM nya. Tetapi kalau knalpot dibedel, kita tidak akan bisa merasakan kinerja mesin dalam keadaan maksimal (RPM sudah sangat tinggi). Malahan kita bernafsu untuk semakin mengeber lagi gas kendaraan roda dua kita.

Kalau sering kita memaksa kenerja mesin secaramaksimal, ya semakin cepat kerusakan mesin yang akan diderita oleh si mesin (kasian dech lo mesin).................... Semoga bermanfaat.


Sug’h Service.

7 komentar:

  1. saya punya motor yang diganti knalpotnya pak, tapi nggak di bedel seh... gpp kan?? :D

    BalasHapus
  2. Kalo di ganti dengan model dan jenis yang sama dengan asli nya sih gak papa tapi klo diganti denga yang bersuara ngebrong yaaa.... sama aja pak. Beda model tapi isi nya sama, ngebrong. :D

    BalasHapus
  3. Apa knalpot yang dibedel itu cara kerjanya sama dengan knalpot freeflow yang ada pada kendaraan racing?
    Katanya kalo di freeflow seperti itu, knalpot akan tanpa hambatan atau tendang balik yang justru mengurangi kinerja mesin. Mesin akan menjadi lebih kencang.
    Apa benar teori ituya?

    Salam.
    m. io

    BalasHapus
  4. muantab pak! bermanfaat banget infonya"

    BalasHapus
  5. Gilang Pangestu07 Maret, 2012 17:48

    Dengan Pecuma Membedel Kenalpotnya Kalo Gak Di Pake Balapankan Sama Aja Boong

    BalasHapus
  6. Saya punya vespa sprint 72 akhir2 ini kalau masuk gigi 1 sampai 3 tenaganya ngoyo/berat tapi pada gigi 4 enak , ini pengaruh apa. Dan harus ganti apa,trimakasih

    BalasHapus
  7. Gak sepenuhnya benar, klo utk peredam sih betul....bgmn dengan MoTo GP knalpotnya Full Racing...RPMnya brp? Klo mnurut saya knlpot stndar dibuat supaya Ada limit dari power mesin, biar lebih irit...dan karna ada aturan2 /regulasi utk kndaraannya jalan raya..
    Nah untuk kerusakan mesin itu tergantung setingan mesin lainnya, kalau motor standar tingting pasang knalpot racing secara prforma tdk trlalu brpengaruh dan mgkin kerja mesin bisa trganggu/trpaksa, namun sebaliknya pmsangan knalpot racing hruslah diikuti perubahan spek mesin,minmal mulai dari pengapian dan karburator, kalo utk hrian cukuplah....

    BalasHapus