
Punya sepeda motor standar namun konsumsi bahan bakarnya menjadi boros tentu menjadi tanda tanya pemakainya. Apa penyebabnya?
setidaknya ada
A. Situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisi motor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.
B. Kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebut pengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landai atau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsi bensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, atau cenderung rusak.
C. Cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketika motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secara terus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktor lainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehingga settingan mesin telah mengalami perubahan.
D. Yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalah suhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin tinggi.
E. Kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin, penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnya hambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan.
Berikut ini kiat kiat untuk menghemat BBM
BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah, jelas Freddy.
Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.
JANGAN ENGINE BRAKE
Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar,terang Anggono yang bakal melepas lajang Minggu ini.
HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGAS
Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.
HARAM GEBER DI LAMPU MERAHKebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir,
JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESIN
Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.
SERVICE LAH MOTOR ANDA SECARA BERKALA
Yang satu ini juga ga kalah pentingnya. Selalu service mesin motor anda secara berkala, ikuti anjuran penggantian oli sesuai pabrikan motor anda. Biasanya sekitar 3000 - 5000km atau tiap 3-4bulan sekali. walaupun jarak tempu anda tidak sampai kilometer tersebut, tetapi pakar - pakar motor tetap menganjurkan penggantian oli.
Jangan tunggu sampai warna oli mesin anda menghitam, lakukan secara berkala. Dan service berkala tersebut dapat mempertahankan performa mesin motor Anda.
sumber dari sini
Terimakasih banyak ni tips,triknya.
BalasHapusthanks ya tips nya mas.. :D
BalasHapuskalau gas polll rem polll kira-kira nambah boros nemen ya pak.. heheh..
BalasHapusmakin sip aja pak tips nya.. tips2 ini sangat dibutuhkan buat banyak orang lo pak..
lanjutkan..!!
Bagus,tips yg mantap,Mas.
BalasHapusSemoga berguna bagi para pengendara sepeda motor.
Selamat ya,sudah bisa bw lagi.
Salam hangat kembali dari Flores.
nggeber di lampu setopan, weh iya ya boros
BalasHapusmakasih infonya
Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas <-- maksudnya pindah gas apa ya pak?
BalasHapusHallo Sugeng apa khabar ? sekali-kali saya bisa naik motor tapi jujur hanya tinggal pakai tok, Tips yg bagus biar irit bensin dan hemat spare part. Terima kasih sharingnya, Sukses untuk anda.
BalasHapusRegards, agnes sekar
hrs benar2 diperhatikan, trus kalo dg matik bgm? apa tip diatas jg bisa dipresentasikan kebetulan motor saya dua-duanya matik
BalasHapussalam
Tips untuk mobil ada tak?
BalasHapusTapi sebagian diatas bisa diterapin buat mobil juga sih...
iya..mas
BalasHapusdi perempatan yang ada lampu merah
kita juga disarankan mematikan mesin dan menghidupkan mesin ketika timer mendekati angka 20 detik menjelang lampu hijau..
ternyata cukup memberikan efek pada pemakaian bahan bakar
wah.. kadang sy manasin mesin kelamaan.. pantes aja bentin cpt habis.. kadang juga ngerem sambil ngegas..wah..wah..
BalasHapusthanks gan infonnya.. salam hangat..
Infonya kerens
BalasHapusga nyadar selama ini q dah buang BBM..
Matur Nuwun. Salam kenal..
infox kerens
BalasHapusbaru nyadar kalo tiap hari buang BBM
lam kenal...
Hehehe... bisa dikatakan sejak menikah dan punya satu putri, saya jarang melakukan hal" yang menyebabkan boros BBM. Selalu santai dijalan raya. :p
BalasHapusya motornya taruh rumah aja biar irit bbm
BalasHapussalam kenal, wah mas tapi sekarang ada alat penghemat bensin, tapi cara ini juga berguna bagi yang uang bensinnya kurang
BalasHapusg bisa naek motor.. *blushing* :p
BalasHapuskalo disini bensin 10.000 perak. waktu lampu merah saking ngiritnya. motor2pada matiin mesin
BalasHapusWah info baru nih,,, baru tahu... makasih gan!
BalasHapusHehe..Lg ga pke kendaraan dlu nie, tp wajib d baca postingan ini untuk jaga2, thanks tipsnya
BalasHapusWah wah betul semua ... kiat hemat BBM yg benerrrrr ... makasih mas Sugeng ... :D
BalasHapusKomentar Anda akan terlihat setelah disetujui. ... Mas Sugeng ... cepetan di acc dong!
BalasHapusklo jaln turunan panjang trus pake rem yang lama bisa bisa kampas remnya gosong pak, drum kampasnya juga bisa berubah warna jadi kuning.
BalasHapusjadi brake engine baik dipakai disaat saat tertentu aja